Mengapa Air Tanah Jakarta Harus Diselamatkan ? dan Bagaimana Caranya ?

aetra
Air Tanah Jakarta
Sumber: aetra.co.id

“Kali ini saya akan mengulas mengapa kita harus menyelamatkan Air Tanah Jakarta, Dan mengapa harus menggunakan Aetra. Saya bukanlah warga asli Jakarta, saya Asli orang kalimantan selatan, ulasan ini saya peruntukkan untuk seluruh warga Indonesia namun saya Menitik beratkan tulisan ini untuk warga Jakarta atau Ibu Kota tanah air.”

Air Tanah Jakarta mesti di selamatkan, mengapa ? karena beberapa tahun terakhir ini kondisi Air di jakarta yang dulunya berasa tawar sekarang berubah menjadi payau bahkan nyaris asin, hal ini di sebabkan oleh bercampurnya air darat dan air laut. Dan saat ini kondisi Air  tanah jakarta mulai berkurang sedikit demi sedikit. Banyaknya ketidaksadaran manusia akan Air Tanah Jakarta membuat Warga ibukota mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih dan bermutu. Berkurangnya kualitas Air tanah di jakarta bukan karena kejadian alami namun penyebab utamanya ialah tangan-tangan manusia sendiri, yang hanya memikirkan kenikmatannya seorang tanpa memikirkan efek jangka panjang untuk warga ibu Kota. Inilah aktifitas manusia yang merusak kualitas dari Air Tanah Jakarta yang berimbas ke warga ibukota:
A. Banyaknya industri di kawasan ibukota, yang menggunakan Sumur Bor dengan menyedot Air tanah dengan kedalaman puluhan meter untuk memenuhi konsumsi air di industri mereka.
B. Pembangunan gedung beringkat yang semakin banyak, pembangunan ini akan berimbas pada kondisi tanah jakarta
C. Pembangunan sarana-prasarana pemerintah atau perusahaan, yang semakin banyak dengan memanfaatkan Aspal, hal ini akan berdampak pada kurangnya penyerapan air kedalam tanah yang membuat air tergenang dan menyebabkan banjir.
D. Penggunaan bahan-bahan kimia pada lahan pertanian yang melebihi batas ambang pemakaian, membuat kualitas dari Air jakarta semakin buruk.

Akibat aktifitas manusia yang merusak air tanah tersebut, beberapa kawasan jakarta mengalami krisis air bersih, serta sebagian air sumur juga telah tercemar bahan-bahan organik dan anorganik dari pembuangan limbah rumah tangga maupun pembuangan limbah pabrik. Data yang di dapatkan dari dinas kesehatan jakarta menunjukkan sumur-sumur yang tercemar tersebut rentan sekali menyebabkan beberapa penyakit menular seperti gatal-gatal, kolera dan hepatitis. Masalah ini merupakan masalah krisis air bersih yang harus segera pemerintah tangani apabila tidak cepat tanggap maka kondisi ibukota makin memprihatinkan.
Jakarta merupakan kota yang padat akan penduduknya, yang setiap harinya air bersih selalu menjadi kebutuhan wajib bagi setiap individu mulai dari perkantoran, industri, hotel maupun yang lainnya, dengan meningkatnya penggunaan air bersih yang tinggi, dan di imbangi dengan terbatasnya ketersediaan air bersih maka dapat di simpulkan bahwa Konsumssi lebih tinggi dari persediaan, dengan begitu masyarakat harus bijak dalam menggunakan air.
Gak sampai disitu saja imbas dari kerusakan yang diakibatkan oleh aktifitas manusia yang menyalahi aturan, fakta menunjukkan setiap tahunnya jakarta mengalami penurunan tanah 18 cm diiringi dengan naiknya permukaan air laut 0,57 cm per tahunnya, wah bisa-bisa kota jakarta akan tenggelam di tahun 2050.
Untuk mencegah terjadinya bencana yang lebih hebat lagi akibat kerusakan air tanah jakarta alangkah baiknya kita mencegah sejak dini, jika saya menjadi warga jakarta saya akan mencegahnya, Bagaimana caranya ? :
1. Menggunakan Air Bersih perpipaan

selamatkan air tanah jakarta
Air Bersih AETRA
sumber : http://www.aat.co.id 

yah inilah yang seharusnya rakyat jakarta lakukan menggunakan air bersih perpipaan dari Aetra yang merupakan cara efektif karena setiap rumah, kantor, industri maupun pabrik-pabrik yang menggunakan Air bersih perpipaan berarti ikut andil dalam menjaga kelestarian Air Tanah Jakarta.

Mengapa harus menggunakan Aetra ?, karena Aetra :
a. Aetra aman di konsumsi.
b. Aetra selalu memonitoring kualitas Air yang di produksi
c. Mencegah Demam Berdarah
d. Air Aetra Lebih Sehat
e. Aetra tidak mengambil air bawah tanah sebagai sumber bahan bakunya,Air yang diambil melainkan air permukaan yaitu dari waduk jatiluhur yang diarahkan ke jakarta melalui kanal tarum barat (kalimalang). Selain kualitas air tanah jakarta sudah tercemar, menurut BPLHD eksploitasi air tanah jakarta telah menyebabkan penurunan muka air tanah  sedalam 40 meter dalam 45 tahun dan turunnya permukaan tanah sedalam 20 sentimeter dalam 17 tahun.

2. Menyadarkan Masyarakat betapa Pentingnya program 5R

Program 5R
Sumber: ranahkehidupanku.blogspot.com



a.Reduce (menghemat)
menghemat dalam konteks hemat menggunakan air dengan cara menggunakan air untuk keperluan yang penting-penting saja, dan menggunakan air secukupnya.
b.ReUse (menggunakan kembali)
nah ini ni yang mungkin masyarakat jakarta harus paham, air yang kita gunakan untuk mandi dan mencuci sebaiknya jangan kita buang begitu saja alangkah baiknya kita tampung terlebih dahulu dalam kolam penampungan, setelah cukup banyak air tersebut dapat kita gunakan untuk menyiram tanaman dan kegiatan manfaat lainnya.
c.Recycle (mengolah Kembali)
 air sumur maupun air sungai yang kotor dan tercemar dapat kita olah kembali dengan memanfaatkan peralatan untuk menjernihkan air yang banyak di jual di pasaran. Mengolah kembali sampah-sampah rumah tangga juga dapat menyelamatkan Air tanah Jakarta dari pencemaran lingkungan loh.
d.RePlant ( Menanam kembali)
dengan menanam kembali pepohonan di jakarta karena akar pohon akan menyerap lebih banyak air bersih saat hujan tiba dan tanpa kita sadari sedikit demi sedikit banjir akan berkurang dan air tanah jakarta tidak amudah tercemar.
e.Replace ( Penggantian)
penggantian ini  ialah kegiatan untuk mengganti pemakaian barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan, seperti penggunaan detergent yang sulit terurai dengan tanah dapat kita atasi dengan membeli detergent yang ramah lingkungan meski harganya agak mahal, hal kecil tersebut akan sangat berguna jika seluruh warga jakarta beralih ke detergent yang lebih ramah lingkungan dan imbasnya  air tanah jakarta tidak akan tercemar.
3. Cermat dalam menjaga kelestarian air tanah jakarta 
kecermatan ini dapat kita mulai dari diri kita sendiri yaitu :
a.Tidak menggunakan jasa sumur bor untuk mencari air bersihkarena kebanyakan sumur bor saat ini merusak tanah hingga puluhan meter ke bawah
b.Menghemat penggunaan air di rumah,, hal ini sangat mudah kita mengerti namun sulit untuk menjalankan,,menghemat disini ialah menggunakan air bersih seperlunya saja tanpa membuang-buangnya.
c.Mengurangi pemakaian detergent dan pestisida yang sifatnya merusak lingkungan, carilah yang ramah lingkungan meski harganya mahal.
d.Memisahkan sampah yang bersifat organik dan an-orgarnik, karena nantinya sampah-sampah tersebut akan di daur ulang sesuai dengan sifatnya.
e.Menanam pohon di pekarangan rumah, selain sejuk pohon akan membersihkan air yang sudah tercemar.

Itulah beberapa tips dari saya sendiri, bagaimana cara menyelamatkan Air Tanah Jakarta, meskipun sederhana jika kita menjalankannya InsyaAllah,, akan memperbaik keadaan Air tanah jakarta saat ini, Jangan lupa juga gunakan Air Bersih Perpipaan dari aetra, karena Kualitas dan mutunya sudah terjamin.


18 thoughts on “Mengapa Air Tanah Jakarta Harus Diselamatkan ? dan Bagaimana Caranya ?

  1. Seharusnya Ibukota memang bgitu.., moga moga Jakarta bisa lebih bagus kedepannya.
    Tetapi trlalu banyak yang menyalahkan pemerintah.. pdahal masyarakat terkadang berlaku seenaknya. Tapi juga gak semuanya salah masyarakat..

  2. ya itu yang susah dicari ! KESADARAN SETIAP INDIVIDU. kalau semuanya sadar pastinya lingkungan jakarta termasuk air tanahnya akan tetap terjaga ke apikannya,, mari jaga lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *