Begini Cara Kerja Search Engine Google dan lainya

Pernah kah kamu berfikir bagaimana sistem kerja search engine? Bagaimanapun ketika kita memasukkan sebauh kata kunci, serach engine akan langsung menampilkan begitu banyak hasil pencarian. Selanjutnya kamu hanya perlu memilih mana informasi yang kamu butuhkan dari hasil pencarian search engine itu.

Search engine adalah mecin pencarian yang menampilkan hasil pencarian berdasarkan keyword yang kita masukkan. Search engine itu ada banyak sekali jenisnya. Salah satu yang paling populer adalah google, yahoo dan bing. Tetapi selain itu, ada banyak sekali search engine lainya. Misalnya saja ada pinterest, ada search engine facebook dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara kerja para search engine itu?

Cara Kerja Search Engine

Untuk dapat bekerja, search engine memulainya dengan menggabungkan diri dengan software bernama web crowler. Web crowler adalah intenet bot yang memiliki fungsi untuk membuka semua hyperlink pada halaman sebuah webpage. Lalu web crowler akan membuat database teks, termasuk juga membuat metadata dari smua link yang di buka.

Nah search engine akan memulai proses kerjanya dari serangkaian link yang dikunjungi atau biasa disebut dengan istilah seeds. Begitu sebuah web pernah dikunjungi, mana web crowler akan secara otomatis menambahkanya ke dalam daftar URL. Daftar ini kemudian akan disebut sebagai crowl frontier.

Begitu Crawler melewati link yang pernah dikunjungi, maka secara otomatis ia juga akan menambahkan informasi yang diambil dari halaman sebuah website untuk kemudian dibentuk dalam snapshot. Tampilan pada snapshot akan menyesuakan dengan perangkat yang kamu gunakan untuk membuka browser.

Seperti itulah kira-kira cara kerja search engine. Jadi mulai sekarang kamu tak usah bingung mengapa ketika kamu memasukkan keyword, bakal ada serangkaian hasil pencarian yang berkaitan dengan keyword kamu. itu karena search engine membaca semua data yang tersimpan di dalam halaman website lalu menampilkanya untuk kamu sebagai hasil pencarian.

Hasil tampilan juga sangat dipengaruhi oleh jumlah pengunjung yang mengunjungi sebuah website dengan kesesuaian keyword yang kamu masukkan. Makin sering kunjungi, makin besar pula peluang untuk ditampilkan oleh search engine ketika kamu memasukkan kata kunci. Begitu juga sebaliknya, semakin sepi sebuah halaman web, makin sulit pula bagi search engine menampilkanya. Atau bahkan peluang ditampilkanya makin kecil.

Untuk lebih memahami cara kerja sebuah search engine, cobalah kamu buka salah satu search engine. Misalnya kamu buka:

  • Search engine Google. Ketika kamu membuka search engine google, lalu kamu memasukkan sebuah keyword. Maka kamu akan menerima hasil pencarian yang berkaitan dengan keyword yang kamu masukkan. Akan ada sebuah halaman awal yang di snapshot oleh google untuk menunjukkan sebuah tulisan memiliki kesamanaan dengan keyword yang kamu masukkan. Nah, dari situ kemungkinan kamu bisa memahaminya.
  • Bandingkan dengan search engine facebook. Karena search engine facebook hanya melakukan pencarian dalam situs media sosial facebook, maka ketika kamu memasukkan pencarian di facebook tentu hasilnya akan berbeda dengan bila kamu melakukanya di Google atau Yahoo. sebab cara kerja keduanya juga berbeda.

Nah begitulah kira-kira cara kerja search engine. Yang pasti sejak kehadiran search engine, banyak sekali lini kehidupan yang semakin terbantu karenanya. Kita jadi memiliki banyak pengalaman baru yang membantu kehidupan dan juga menjadikan kita bisa menjalani hidup jadi lebih mudah. hanya perlu diingat, semoga semuanya membawa dampak baik bagi hidup kamu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *