Mengenal Cara Pembelian Rumah di Bandung Menggunakan KPR

Memiliki rumah hunian impian untuk keluarga tercinta, dapat diwujudkan dengan menggunakan banyak metode pembayaran. Anda dapat membeli rumah dengan cara langsung dengan membayar uang tunai seharga nilai rumah yang anda belikan tersebut. Namun, karena umumnya harga jual unit rumah cukup mahal, terutama jika Anda ingin memiliki rumah yang berada di kota besar seperti perumahan di Bandung, maka menggunakan metode pembayaran KPR atau kredit pemilikan rumah adalah salah satu opsi terbaik bagi Anda.

KPR sendiri merupakan program kredit yang memungkinkan masyarakat luas, atau nasabah suatu bank untuk mendapatkan rumah dengan sistem pinjaman dan membayar dengan cara mencicil dalam suatu nominal tertentu yang telah diatur sepenuhnya oleh pihak bank. Pihak bank penyelenggara juga menentukan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan menggunakan KPR.

Jenis-jenis KPR yang Ada di Indonesia

Secara umum, terdapat dua jenis KPR yang berlaku di Indonesia. Nah, Agar lebih kelas, berikut jenis-jenis KPR tersebut yang harus Anda ketahui:

KPR bersubsidi

KPR bersubsidi adalah sistem kredit pemilikan rumah yang ditawarkan pada masyarakat memiliki penghasilan atau dari golongan ekonomi menengah ke bawah. KPR jenis ini diadakan atas kerjasama pihak bank penyelenggara dengan kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. KPR ini memiliki suku bunga yang cenderung rendah serta nominal cicilan yang ringan dan tetap (fixed price) sepanjang waktu kredit. Jenis pembelian yang dicover oleh KPR jenis ini adalah kredit pembelian rumah tapak dan rumah susun.

KPR Non-subsidi

KPR Non-subsidi adalah jenis KPR yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat dari lapisan ekonomi manapun. KPR jenis ini memiliki etentuan dan persyaratan ketat yang diatur oleh pihak bank, khususnya dalam menentukan seberapa besar nominal kredit ataupun suku bunga yang diberikan pada suatu nasabah. Hal tersebut umumnya ditentukan berdasarkan besarnya penghasilan nasabah yang mendaftarkan diri untuk membeli unit rumah dengan KPR non subsidi ini.

Daftar Bank yang Menyediakan KPR Termurah 2017

Jika Anda merasa kebingungan memilih bank penyelenggara KPR terbaik ditahun 2017 ini, Anda tinggal membaca daftar bank penyelenggara KPR terbaik dan termurah 2017 yang telah kami rangkum dari beberapa situs.

Griya iB Hasanah (Jabodetabek & Surabaya) – Kredit Pembelian Rumah

KPR yang diselenggarakan oleh bank BNI Syariah ini dapat digunakan oleh Anda yang berstatus sebagai Warga Negara Indonesia. Untuk mendaftar program KPR ini, setidaknya Anda harus memiliki penghasilan Rp. 156,000,000 pertahunnya. Anda diberi maksimum tenor selama 240 bulan dan harus membayar biaya administrasi pengurusan KPR sebesar Rp. 500.000 rupiah.

Untuk menyelesaikan pembelian rumah dengan KPR ini, Anda harus membayar uang muka sebesar Rp. 300.000.000 dan akan mendapatkan uang pinjaman pembelian rumah sebesar Rp.700.000.000 dengan tenor maksimal 120 bulan.

Untuk membayar cicilan, Anda harus membayar sebesar Rp. 8,091,562 perbulan ditahun pertama aplikasi KPR, dengan bunga sebesar 6,9% dan untuk tahun selanjutnya, Anda membayar setoran bulanan (cicilan bulanan) sebesar Rp. 9,411,817 dengan tambahan bunga floating = BI Rate + 3.5% pertahun.

BNI Griya : KPR dari Bank BNI

Untuk mendaftar KPR dari Bank BNI ini, Anda harus memiliki pendapatan sebesar tujuh juta rupiah perbulan atau Rp. 84,000,000 pertahun. Syarat lain untuk mendaftar KPR ini tentu saja adalah Anda harus berstatus WNI dan membayar biaya administrasi pendaftaran KPR sebesar Rp.500.000.

Anda akan mendapat pinjaman sebesar Rp. 700.000.000 dengan tenor maksimal 120 bulan. Untuk cicilan pertama, Anda harus membayar sebesar Rp. 9,057,829 perbulan dengan bunga sebesar 9,5% pertahun. Sedangkan untuk tahun tahun selanjutnya, Anda harus membayar nominal yang sama dengan tahun pertama, namun bunga tahunan mengikuti rate Bank Indonesia yang telah ditambah 3,5%.

BRI KPR

BRI KPR termasuk KPR yang paling ringan jika dibandingkan dengan dua KPR diatas. Untuk mendaftar KPR BRI, Anda hanya harus memilliki penghasilan sebesar lima juta rupiah perbulan atau enam puluh juta rupiah pertahun. KPR BRI ini tidak mengharuskan biaya administrasi, hanya untuk mendaftar, Anda harus berstatus sebagai warga negara Indonesia.

Anda akan mendapatkan pinjaman pembayaran rumah dari KPR BRI sebesar Rp. 700.000.000,- dan uang muka sebesar Rp.300.000.000. Untuk cicilan perbulan, Anda harus membayar sebesar Rp. 9,153,917 pada tahun pertama dengan bunga sebesar 9,75%. Sedangkan pada tahun selanjutnya, Anda harus membayar sebesar Rp. 9,511,275 dengan bunga tahunan yang mengikuti rate Bank Indonesia dan telah ditambah sebesar 3,5%.

Penutup dan Kesimpulan

KPR akronim dari Kredit Pemilikan Rumah. KPR merupakan kredit dari bank yang dapat Anda digunakan untuk biaya membeli rumah dengan sistem cicilan yang ditambah bunga pertahunnya. KPR sendiri sangat cocok untuk Anda yang mencoba membeli rumah namun belum mampu membayar tunai, terutama jika Anda memili unit rumah di perumahan di Bandung yang umumnya memiliki harga yang cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *