Tips Mengumpulkan Amal Ibadah dengan Membuat Kalender Puasa 2017

Berbicara tentang amal ibadah sejatinya harus di cari selama masih hidup di dunia. Sebab kata Allah manusia ini diciptakan dimuka bumi adalah untuk beribadah kepadaNya. Mengumpulkan amal ibadah untuk bekal di akhirat nanti adalah satu keniscayaan sebab ketika kita kembali kepada Allah maka tidak ada yang kita bawa selain amal ibadah. Segala harta, jabatan, kedudukan, pendidikan dan keluarga akan ditinggalkan.

Dalam satu tahun Allah sudah memberi satu bulan dimana pada bulan itu kita bisa memperoleh pahala yang berlipat ganda jika kita mau mengamalkannya. Bulan tersebut adalah bulan ramadhan, bulan dimana segala amal ibadah yang kita buat akan dilipatgandakan dan ada satu malam yang disebut malam lailatur qadar dimana malam tersebut sama dengan malam seribu bulan.

Untuk menyambut bulan suci ramadhan hendaknya kita mempersiapkan diri agar amal ibadah jadi lebih optimal. Berikut tips mengumpulkan amal ibadah dengan membuat kalender puasa 2017.

Membuat kalender puasa 2017

Agar ibadah lebih konsisten buatlah dulu kalender ibadah  berisi catatan-catatan yang akan kamu lakukan di bulan ramadhan ini. Kalender ini merupakan catatan untuk pengingat atau reminder diri tentang rencana yang ingin lakukan saat bulan ramadhan.

Libatkan orang tua dalam membuat kalender 2017

Melibatkan orang tua untuk sama-sama membuat kalender agar kegiatan beribadah dapat dilakukan bersama mereka. Buat kalender selama satu bulan dengan berisi target apa yang akan dicapai setiap harinya. Missal: taddarus. Dilakukan bersama dengan keluarga setelah itu lakukan sirah taklik atau pembahasan Al-Qur’an. Ayah bisa menceritakan tentang kisah nabi agar rasa keimanan kita semakin bertambah.

Membuat perbandingan antara kalender tahun lalu dengan tahun sekarang

Perbandingan yang dimaksud adalah apakah target tahun lalu sudah dicapai atau belum. Cek apa yang terlewat dan usahakan perbaiki tahun ini. Kamu juga bisa meminta bimbingan ustad atau ustazah dalam membantumu mengumpulkan amal ibadah agar semakin termotivasi.

Usahakan untuk konsisten menjalankan ibadah yang sudah direncanakan sebelumnya. Sebuah perencaan yang baik tidak akan berhasil jika ia hanya sebuah rencana di atas kalender. Mintalah bantuan kepada Allah agar selalu membimbingmu untuk selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah sesuai dengan kalender puasa 2017 yang kamu buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *