3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Hutang Bertambah

Bank vs P2P Lending

Hutang. Hal yang harus dihindari namun terkadang sulit ditolak. Banyak sekali orang yang dalam hidupnya terlilit hutang dengan jumlah yang tidak sedikit. Mengapa bisa terjadi?

Ada banyak faktor penyebabnya. Namun yang menjadi faktor utamanya adalah kebiasaan orang dalam mengelola keuangannya. Pada awalnya ada banyak pemborosan dan pengeluaran yang tidak efektif di dalam keuangan. Kebiasaan ini bisa saja telah terjadi dalam kurun waktu yang lama dan tanpa disadari. Jika terus berlangsung, maka Anda akan terlilit hutang yang besar.

Maka sebaiknya mulailah untuk mengubah kebiasaan buruk Anda sekarang. Kami akan menjabarkan beberapa contoh kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda terjebak dalam hutang yang cukup besar.

Tidak mempunyai rencana keuangan yang baik

Sewajarnya, kebutuhan dan penghasilan harus berjalan dengan seimbang. Jika kebutuhan terlalu tinggi dari penghasilan bulanan, tandanya Anda akan berhutang. Pada dasarnya, bukan penghasilanlah yang menyesuaikan kebutuhan, melainkan kebutuhan yang harus disesuaikan dengan penghasilan. Jangan penuhi kebutuhan yang mustahil di luar penghasilan karena akan berakhir pada hutang. Anda juga harus mengatur anggaran yang tepat agar kebutuhan hidup tercukupi.

Membeli bukan meminjam

Anda penggemar film dan buku? Sebaiknya mulai tanam sifat meminjam dibanding dengan membeli. Membeli film dan buku hanya akan membuat Anda menumpuk sejumlah barang di rumah padahal hanya digunakan sekali atau dua kali saja. Dengan meminjam, selain mengurangi tumpukan barang, keuangan Anda pun lebih terselamatkan.

Mencicil barang di luar kemampuan

Menggunakan kartu kredit memang bukan suatu hal yang salah. Asalkan Anda bisa menggunakannya dengan tepat. Jangan pernah mengambil cicilan yang jumlahnya di luar kemampuan, karena hanya akan menimbulkan masalah keuangan kedepannya.

Tinggalkanlah kebiasaan buruk di atas dan beralih pada kebiasaan yang baik, misalnya berinvestasi. Dengan investasi, Anda bisa “menyelamatkan” pendapatan untuk simpanan di masa depan. Anda dapat memilih investasi menguntungkan dengan modal 10 juta sebagai permulaan. Investasi tersebut bisa berjenis apa saja. Mulai dari investasi usaha kecil, emas, deposito, dan reksa dana. Jadi, tinggalkanlah kebiasaan buruk dan mulailah berinvestasi sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *