5 Alasan Harus Punya Kartu Kredit Sejak Dini

Kartu kredit identik dengan kedewasaan. Tak heran, banyak anak muda berusia dua puluh satu tahun tak sadar bahwa dirinya cukup umur untuk memiliki kartu kredit. Bahkan, meski sudah ada minat sekalipun, duit jajan yang tersedia membuat malas untuk mendaftarkan diri ke bank sebagai pemegang kredit. Padahal, setidaknya ada 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan bila memiliki kartu kredit sejak dini. Apa sajakah?

  1. Mencicil Skor Kredit

Sesukses apapun kamu nantinya akan ada 3 hal yang menjadi fondasi kebutuhan: sandang pangan dan papan. Sandang berarti pakaian, pangan artinya makan, dan papan bermakna rumah. Di antara ketiganya, yang paling mahal tentulah papan. Jarang sekali ada orang yang punya uang ratusan juta rupiah di kantong untuk membeli rumah, bukan? Itulah kenapa cicilan rumah sangat membantu.

Cicilan sebetulnya pinjaman yang diberikan bank kepada konsumen. Terdengar simpel? Tidak juga, karena asal kamu tahu banyak orang gagal mengajukan pinjaman untuk mencicil rumah idaman. Hal ini dikarenakan kurangnya skor kredit, yakni nilai pertanggung jawaban seseorang dalam berhutang di mata bank.

Usut punya usut, tidak semua orang yang ditolak bank berarti pembohong, lho. Beberapa penolakan yang terjadi bukan karena seseorang bawa lari uang bank, melainkan tidak adanya historis peminjaman sehingga bank kesulitan untuk memulai. Inilah kenapa menjadi pemegang kartu kredit sejak dini akan membantu kamu membentuk skor kredit. Semakin tinggi skor kredit, semakin mudah pula bagi orang tersebut mengajukan pinjaman bila sewaktu-waktu butuh.

  1. Cashback kartu lumayan untuk jajan

Sebelumnya telah dijelaskan kalau keuntungan memiliki kartu kredit sejak muda adalah membentuk skor kredit yang bagus sejak dini. Artinya, kamu sebetulnya tidak perlu bokek atau tak beruang untuk menggunakan kartu kredit. Kamu hanyalah menunda pengeluaran uang sampai masa tagih kartu kredit tiba.

Nah, seraya membangun skor kartu kredit untuk masa depan cerah, kamu bisa dapat uang tambahan lho. Gimana caranya? Sekarang sudah ada kartu kredit Cashback dimana kamu akan mendapatkan sekian persen uang kembali dari pengeluaran yang kamu lakukan. Misalkan saja, kartu kredit cashback yang dikeluarkan HSBC memberikan tiga puluh persen dari pengeluaran kamu, lumayan, ‘kan.Selama kamu bayar tepat waktu, skor kredit kamu bertambah, dapat uang jajan tambahan pula!

  1. Kecelakaan itu bisa terjadi

Mama lauren konon katanya mampu meramalkan masa mendatang, tapi kamu kan belum tentu bisa. Tidak ada yang pernah tahu kapan manusia akan mengalami sesuatu di luar pencernaan. Terutama pada bidang finansial, apa saja bisa terjadi.

Contoh, kecelakaan, perlu bayar rumah sakit, padahal kas di dompet abis dan orang tua belum transfer. Tentu kamu akan butuh bantuan pinjaman, bukan? Padahal tidak selamanya teman di sebelah punya uang untuk dipinjamkan, padahal tahu sendiri biaya rumah sakit tidak semurah naik kendaraan umum. Di skenario seperti itulah, kartu untuk kredit akan menjadi ksatria bertameng putih bagi kamu.

  1. Melatih tanggung jawab keuangan

Orang yang sudah berumur kepala tiga belum tentu matang keuangan. Kebanyakan masih belanja tanpa berpikir bagaimana menggunakan uangnya dengan baik dan teratur. Parahnya lagi, tidak mungkin orang yang sudah dewasa dan bekerja pantas meminta uang pada orang tua karena kesalahan sendiri.

Usia dua puluh satu tahun menjadi kesempatan emas bagi kamu untuk mulai melatih diri secara finansial. Dengan kartu kredit kamu dituntut untuk selalu perhitungan dan bertanggung jawab dengan pinjaman kamu. Toh, kalau kamu membuat kesalahan seperti belanja sampai cicilan di luar uang jajan, masih ada orang tua yang bisa membantu kamu.

  1. Banyak jasa membutuhkan kartu kredit

Negara luar telah lama memulai penggunaan kartu kredit sebagai sistem pembayaran beragam aspek dalam hidup. Mulai dari naik kendaraan umum sampai dengan belanja online, kebanyakan penduduk luar sering menggunakan kartu kredit. Indonesia sebetulnya sudah mulai mengarah pada era kartu kredit, lho!

Dilansir dari CNBIndonesia, penggunaan kartu kredit naik hingga 9.8%. Hal ini membuktikkan kian banyak masyarakat dan penyedia jasa yang memanfaatkan kemudahan penggunaan kartu kredit.

Lima alasan yang telah disebutkan hanyalah sebagian kecil saja. Masih banyak lagi alasan lain yang bermanfaat kalau kamu punya kartu kredit sejak muda. Intinya, kartu kredit akan sangat membantu masa depan dan waktu sekarang dalam segala aspek hidup kamu. Jangan tunda lagi, ayo ajukan pendaftaran kartu kredit bank sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *