Mengenal Fungsi Dan Bagian Dari Knalpot


Apa fungsi dari  knalpot atau kerap disebut dengan Muffler? KnalpotAatau Muffler lebih singkatnya atau secara teknis merupakan saluran pembuangan dari sisa hadil pembakaran yang terjadi dalam mesin kendaraan bermotor. Knalpot yang ada pada kendaraan berfungsi mencegah timbulnya Suara keras dari gas  buang atau digunakan untuk meredam suara yag dihasilkan oleh gas buang. Untuk merendam timulnya suarai ini, maka gas buang saat berada di Muffler akan dikurangi tekanan maupun temperaturnya.

Sebenarnya fungsi dari  knalpot atau muffler sendirir tidak hanya digunakan untuk meredan suara gas buangnya saja, namun juga dapat menambah performa tenaa yang dihasilkan oleh mesin, meningkatkan efisiensi pengunaan bahan bakar, mengurangi emisi gas buang dan untuk menambah aspek penampilan kendaraan.  Selain itu  knalpot atau Mufller juga bisa sebagai pemanis dan ornament kendaraan. Desain dan juga bentuk dari knalpot yang unik ini serigkali dijadikan sebagai tujuan untuk menampilkan daya tarik sebuah motor terlebih dalam suatu kontes.

Knalpot atau Muffler juga turuy mengurangi polusi udara. Teknologi terbaru daeri knalpot saat ini adalah pengunaan catalityc conventer. CC yang mempunyai fungsi yang baik untuk mengkonversi karbon yang keluar melalui gas buang kendaraan bermotor. Hal ini dapat membantu untuk meningkatan efisiensi dari sebuah kendaraan bermotor dan juga dapat mengurangi peningkatan dari polusi udara.

Untuk lebih jelasnya dan menuju ke initnya. Fungsi  utama  knalpot atau muffler antara lain.

Meredam suara ledakan yang dihasilkan di dalam ruang bakar, Meningkatkan tenaga dari kendaraan, sebagai pemanis dan ornament pada kendaraan serta utuk mengurangi polusi udara.

Bagian  dari knalpot / muffler

Knalpotsendiri ada beberapa bagian. Dantaranya adalah:

Header Knalpot

Header merupakan bagian ujung knalpot yang dipasangkan pada mesin. Jumlah header pada knalpot sangat tergantung dengan berapa banyak jumlah silinder yang diperlakukan atau dimiliki oleh mesin kendaraan. Fungsi utama dari header adalah menghubungkan keseluruhan dari sistem knalpot ( full System ) dengan sistem bang atau ex yang dimiliki oleh suatu kendaraan bermotor. Sistem Ex atau Gas buang ini merupakan sisa dari hasil pembakaran yang terjadi di dalam ruanga bakar atau mesin di dalam suatu kendaraan bermotor.

Resonator Knalpot

 Bagian dari  knalpot yang lain adlah resonator atau ratau, atau kita kenal dengan saringan knalpot. Resonator banyak dimiliki oleh kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mengolah bunyi bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran mesin.

Silencer  knalpot

Ssesuai namanya Silencer adalah peredan yang juga tidak jauh memiliki fungsi seperti Resonator, Untuk membantu meminimalisi suara bising yang dihasilkan oleh pembakaran dari kendaraan  bermotor. Silencer biasa diletakan pada bagain ujung knalpot. Pada kendaraan bermotor roda dua, biasanya silencer juga berisi saringan yang berfungsi sebagai resonator, sedangkan pada roda 4 biasanya resonator terdapar di bagian bawah atau kolong mobil.

Hal hal yang perlu diperhatikan tentang  knalpot in adalah jangan mengganti muffler standar pabrikan atau  knalpot orsinil tanpa memperhatikn aspe aspek yang akan mempengaruhi apabila muffler tersebut diganti. Muffler yang baik atau  knalpot yang bagus adalah yang mempunyai fungsi mengalirkan gas buang secara maksimal dan dapat meredam tekanan gas buang dari ruang pembakaran atau mesin , serta dapat meredan tekanan gas buang dengan maksimal. Jangan sampai sat perganntian   knalpot justru mereduksi kemampuan  knalpot itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *