Mengenal Macam-macam Tisu dan Kegunaannya

Disadari atau tidak, tisu sudah menjadi salah satu benda yang tak bisa lepas dari keseharian kita karena beragam kegunaan dan manfaatnya. Bahkan, kita bisa dengan mudah menjumpai kertas tisu di berbagai macam tempat, seperti rumah makan dan toilet umum. Malah, kebanyakan kaum hawa tak pernah lupa membawa tisu di dalam tas mereka.

Mengutip Wikipedia, kertas tisu biasa disebut juga kertas selampai, yang merupakan sejenis kertas krep ringan yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Kertas tisu bisa dibuat dari bubur kertas asli atau pun daur ulang. Kerta tersebut juga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam produk yang mempunyai sifat serta kebutuhan mutu yang berbeda-beda, yang mencakup daya serap, ketebalan, kekuatan, berat dasar, kiah, kecerahan, rupa, dan lain sebagainya.

Yang menarik, kendati tisu mudah ditemui dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, namun nyatanya masih banyak dari kita yang belum mengatahui bahwa kerta selampai tersebut memiliki bermacam jenis serta kegunaan yang berbeda-beda. Nah, berikut adalah ulasannya:

Tisu Makan

Tisu jenis ini biasa diletakkan di atas meja makan. Kertas selampai tersebut berfungsi sebagai pembersih mulut dari sisa makanan yang menempel pada mulut. Tekstur dari tisu makan dibuat lebih tebal hingga 4 lapisan, sehingga mampu menyerap minyak lebih cepat ketimbang jenis lainnya. Tisu ini pun memiliki varian warna dan motif yang beragam supaya terlihat menarik ketika diletakkan di atas meja makan.

Tisu Toilet

Berbeda dengan tisu makan, tisu jenis ini sudah barang tentu dibuat untuk berbagai macam kebutuhan manusia di toilet. Secara tekstur, kertas selampai tersebut umumnya bersifat lembut dan gampang hancur jika terkena air, dan berbentuk gulungan.

Yang menarik, di Indonesia tisu toilet ini benar-benar beralih fungsi menjadi tisu makan. Kita bisa dengan mudah menemukan tempat tisu gulung, lengkap beserta isinya, di hampir setiap meja warung makan di pinggir jalan. Mereka sengaja meletakkan tisu tersebut untuk digunakan para pelanggannya sebagai pengelap sisa-sisa makanan yang melekat di mulut.

Namun entah apa penyebabnya, yang pasti harga tisu toilet memang jauh lebih ramah di kantong ketimbang tisu-tisu jenis lainnya. Di samping itu, tidak ada dampak buruk apa pun jika kita menggunakan tisu tersebut untuk mengelap mulut dari sisa-sisa makanan.

Tisu Wajah

Tisu Wajah juga menjadi tisu yang paling umum digunakan orang, terkhusus di Tanah Air. Kertas selampai itu mempunyai tekstur yang sangat lembut karena memang ditujukan untuk mengelap wajah. Namun begitu, pada prakteknya, tisu jenis ini juga terkadang beralih-fungsi dengan digunakan untuk keperluan-keperluan lain yang tidak ada kaitnnya dengan urusan wajah.

Tisu Basah

Berbeda dari jenis lainnya, tekstur Tisu Basah memiliki tingkat ketebalan yang lebih tinggi, agak berserta, dan tentu saja basa. Kertas selampai jenis ini memiliki banyak kegunaan, alias dapat dipakai untuk membersihkan apa pun, seperti benda-benda atau tangan karena mengandung alkohol yang ditunjukkan untuk membunuh bakteri. Begitu pula dengan harganya, tisu basah umumnya dibanderol lebih mahal ketimbang tisu-tisu jenis lainnya. Sayang, kabarnya tisu basah juga kurang ramah lingkungan, karena kertas selampai tersebut dibuat dari bahan yang mengandung serat plastik yang sulit diurai secara alami.

Selain itu, tisu basah juga disebut-sebut kurang bersahabat jika digunakan untuk mengelap wajah karena bisa menyebabkan kulit kering, keriput, jerawat, iritasi, bahkan membuat kantung mata kendur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *