Fakta Menarik Dari Sosok Penjaga Gawang Wawan Hendrawan

Bagi para pecinta bola tanah air, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan sosok penjaga gawang yang bernama Wawan Hendrawan bukan? Ya, Wawan Hendrawan memang bisa dibilang sebagai salah satu kiper senior, karena ia telah malang melintang di dunia persepakbolaan tanah air. Sebut saja beberapa klub besar yang pernah ia bela seperti Persita Tangerang, Persik Kediri, Perisam Putra Samarinda, dan masih banyak lagi. Nah, secara kebetulan juga, berikut di bawah ini ada beberapa fakta menarik dari sosok Wawan Hendrawan yang jarang diketahui.  

Profil Wawan Hendrawan

Wawan Hendrawan merupakan seorang pemain sepakola yang berposisi sebagai penjaga gawang. Ia lahir di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada 8 Januari 1983. Wawan Hendrawan memiliki tinggi badan sekitar 178 cm, yang memulai karier dari klub asal daerahnya yakni Persab Brebes pada tahun 1999. 

Wawan Masuk Diklat Persib Bandung

Pada tahun 2001 lalu, Wawan Hendrawan sempat masuk ke Diklat Persib (Persib Bandung Muda). Namun sayangnya, ia tidak berhasil menembus skuat utama tim Maung Bandung hingga 2002, dan memutuskan untuk mengembangkan karirnya bersama tim Porda Cianjur 2001 dan PraPON Jawa Barat 2002. 

Kemudian Wawan memulai debut profesionalnya dengan memperkuat Laskar Bawor, alias Persebas Banyumas pada musim 2002. Selama dua musim memperkuat Persebas Banyumas, Wawan pun dipinang oleh klub asal Jawa Barat, yakni Persikabo Bogor pada musim 2005 – 2006. Setelah memperkuat Persikabo Bogor, Wawan Hendrawan hijrah ke tim Persikab Bandung pada musim kompetisi 2006 – 2007. 

Karier Wawan Hendrawan pada waktu itu memang lebih banyak berputat di sepakbola kasta kedua dan ketiga saja. Ya, semenjak lepas dari Persikab Bandung, Wawan Hendrawan bergabung bersama Pelita Jaya pada musim 2007. Karier Wawan pun semakin meroket, sehingga ia dipinang oleh tim Persita Tangerang pada musim 2008 – 2009. 

Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya Wawan merasakan kasta sepakbola tertinggi di Indonesia dengan berseragam Persisam Putra Samarinda pada musim 2009 – 2010, hingga pada akhirnya berlabuh di klub Bali United (2019 – 2020). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *