3 Cara Mengobati Sinusitis Dengan Tepat

5 Tanda Kalau Kamu Punya Sinusitis, Jangan Abaikan!

Dengan mengetahui cara mengobati sinusitis, Anda menjadi dapat mengatasi penyakit tersebut dengan tepat. Sinusitis merupakan penyakit yang berhubungan dengan hidung, yang mana terjadi peradangan pada dinding yang terdapat pada hidung karena infeksi. Penyakit ini harus segera ditangani, supaya Anda bisa kembali sehat dan beraktivitas sebagaimana biasanya. Adapun jenis sekaligus cara yang benar untuk mengobati sinusitis, yaitu sebagai berikut.

1. Sinusitis Ringan

Sinusitis ringan dapat disembuhkan melalui pengobatan mandiri di rumah. Lantaran belum sampai ke tahapan akut hingga kronis. Adapun cara yang bisa Anda terapkan untuk mengobati sinusitis ringan, yaitu sebagai berikut.

Pertama, melakukan pembersihan terhadap hidung melalui air garam saat membilasnya. Kedua, mengompres area hidung dan sekitarnya memakai air hangat. Hal ini dimaksudkan supaya tercipta sensasi rileks pada peradangan yang terjadi dalam hidung.

Ketiga, menghirup uap dari air panas melalui wadah tertentu, sangat disarankan untuk menggunakan mangkok besar sebagai medianya. Kegiatan ini akan membuat saluran napas lebih lega. Anda bisa mencoba untuk menopang kepala menggunakan tumpukan bantal saat berbaring atau tidur. Tujuannya, agar tekanan di daerah sekitar sinus bisa dikurangi sekaligus mereduksi gejala terkait hidung yang tersumbat.

Mengonsumsi obat dekongestan tablet atau menggunakan semprotan dekongestan. Dua obat ini sama-sama berfungsi untuk mengurangi penyumbatan yang terjadi pada daerah sinus. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa semprotan dekongestan tidak dianjurkan untuk digunakan secara terus menerus karena justru bisa mengakibatkan penyumbatan pada sinus semakin memburuk.

Cara mengobati sinusitis yang telah diuraikan tersebut memang terlihat tidak sulit dan bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Namun, perlu diingat bahwa metode-metode di atas hanya diperuntukkan bagi penderita sinusitis ringan. Apabila ternyata sinusitis yang Anda alami tidak kunjung mereda sekalipun telah mengupayakan berbagai cara yang benar, sebaiknya segera menghubungi dokter.

Dokter akan memberikan solusi terbaik untuk penyembuhan penyakit sinusitis Anda. Dengan demikian, sinusitis yang Anda alami bisa segera sembuh, sehingga Anda dapat beraktivitas kembali seperti semula secara bebas.

2. Sinusitis Akut

Sinusitis dikatakan sebagai sinusitis akut apabila gejalanya terjadi selama 4 sampai 12 minggu. Walaupun seringkali sinusitis dapat sembuh melalui perawatan mandiri di rumah, tetapi jika menderita sinusitis akut, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter mengenai metode yang tepat untuk penyembuhan. Adapun gejala yang mengindikasikan telah terjadinya sinusitis akut, sebagai berikut.

Hidung terasa tersumbat, berat untuk bernafas. Keluar lendir dari hidung yang berwarna hijau atau juga kuning.  Adanya rasa nyeri yang terjadi pada wajah. Indra penciuman berkurang ketajamannya, sehingga sulit untuk mencium bau-bauan yang ada di sekitar. Disertai batuk.

Apabila Anda mendapati seluruh gejala tersebut terjadi pada tubuh Anda, jangan berlama-lama, segera meminta petunjuk medis mengenai langkah penyembuhannya.

3. Sinusitis Kronis

Tingkat yang paling parah dari sinusitis adalah sinusitis kronis. Ditandai dengan munculnya gejala sinusitis yang jangka waktunya lebih lama dibandingkan dengan sinusitis akut, yaitu lebih dari 12 minggu.

Keadaan tersebut juga bisa diakibatkan karena adanya penyakit atau infeksi yang terjadi pada tubuh, seperti polip hidung, atau juga adanya kelainan tulang yang terjadi pada rongga hidung. Gejala sinusitis kronis ini sama seperti sinusitis akut yang telah disampaikan pada bagian sebelumnya. Namun, sinusitis kronis disertai dengan demam, sakit kepala, sakit gigi, kelelahan, bahkan bau mulut.

Jangan sampai salah ya saat melakukan pengobatan terhadap sinusitis. Semoga peradangan pada dinding sinus Anda segera sembuh melalui cara mengobati sinusitis yang telah dipaparkan. Jaga kesehatan selalu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *