Haid Telah Tiba, Inilah Tanda-tandanya!

Nyiksa! Ini Penyebab Sakit Perut saat Haid dan Cara Mengatasinya

Setiap bulan para wanita biasanya akan selalu kedatangan ‘tamu’, yang biasa dikenal dengan haid ataupun menstruasi. Biasanya saat wanita sedang mengalami haid, akan terjadi banyak hal, seperti kram perut, mood yang naik turun, bahkan ada yang kesakitan perutnya. Haid merupakan hal yang normal yang akan dialami oleh setiap wanita yang masih subur yang belum mengalami menopause. Namun, siklus haid pada setiap wanita berbeda-beda, ada yang mengalaminya hanya 5 hari, 7 hari bahkan belasan hari. Setelah haid berhenti, kadar hormon estrogen mulai meningkat. Kemudian, lapisan rahim kembali menebal dan sel telur siap dibuahi. Apabila tidak dibuahi, maka lapisan rahim ini akan meluruh dan terjadilah haid lagi setiap bulannya. Dalam agama Islam, apabila wanita sudah berhenti masa haidnya diwajibkan untuk melakukan mandi wajid, sesuai dengan tata cara mandi wajib setelah haid yang terdapat dalam qur’an dan hadist. Mandi wajib dilakukan oleh wanita muslim setelah berhenti haid supaya dapat melakukan ibadah kembali. Kembali pada judul utama, setiap wanita yang akan mengalami haid tentunya merasakan beberapa tanda. Tidak semua tanda-tanda akan datang haid yang dirasakan oleh setiap wanita sama. Oleh karena itu, kami akan membahas apa saja tanda-tanda akan datangnya haid pada wanita.

  • Munculnya Jerawat

Sebagian wanita yang akan mengalami masa haid biasanya akan muncul jerawat. Hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar, dikarenan kadar dari hormone progesterone yang sedang meningkat menjelang masa haid. Peningkatan progesteron ini menyebabkan produksi minyak pada wajah semakin meningkat. Kondisi tersebut yang menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat.

  • Nyeri pada Payudara

Apabila anda merasa nyeri pada payudara, mungkin itu merupakan tanda akan terjadinya haid. Karena biasanya menjelang haid, payudara akan terasa sakit dan bengkak. Hal tersebut terjadi dikarenakan kadar prolaktin atau hormon menyusui yang tinggi. Oleh karena itu, apabila telah memasuki masa haid, sebaiknya tetap penuhi nutrisi di dalam tubuh agar tidak mudah lemas. Jangan lupa juga untuk memenuhi asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi.

  • Sembelit atau Diare

Sering sembeli bahkan sampai diare padahal tidak mengonsumsi makanan pedas? Mungkin hal tersebut merupakan tanda-tanda akan datangnya masa haid. Sembeli dan diare menjelang haid tidak disebabkan oleh kurangnya asupan serat. Karena sembelit dan diare pada beberapa wanita merupakan salah satu tanda akan datang masa haid.

  • Sakit Kepala dan Kelelahan

Beberapa wanita mungkin mengalami sakit kepala dan selalu merasa lelah saat haid akan datang. Hal tersebut disebabkan oleh berubahnya kadar hormone esterogen. Oleh karena itu, seorang wanita akan rentan terhadap migraine dan mengalami kelelahan beberapa hari sebelum haid tiba. Hal tersebut yang menjadi penyebab wanita yang akan mengalami masa haid mereka cenderung merasa lemas atau sering mengantuk.

  • Perubahan Emosi Secara Drastis

PMS atau Pre Menstrual Syndrom merupakan kombinasi dari gejala fisik dan emosional yang dialami oleh para wanita sebelum haid. Oleh karena itu, sudah menjadi hal yang biasa apabila banyak wanita yang mengalami perubahan emosi yang secara drastic pada masa tersebut. Perubahan emosi atau mood swing ini membuat para wanita menjadi mudah tersinggung, merasa cemas, kesal, atau bahkan mudah menangis tanpa alasan.

  • Keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar ketika haid akan terjadinya haid. Keputihan yang normal ditandai dengan cairan berlendir berwarna putih dan tidak menimbulkan bau. Pada awalnya berwarna putih, namun setelah beberapa lama bisa menjadi kecokelatan saat bercampur dengan bercak darah, dan terjadilah haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *