Hal-Hal yang Bisa Dialakukan Untuk Meringankan Gejala Bronkiektasis

Intip 7 Fakta Bronkiektasis, Penyakit Pelebaran Saluran Pernapasan

            Apakah anda pernah mengalami batuk dengan dahak setiap hari selama lebih dari 3 minggu ? Hati-hati bisa jadi anda mengalami gejala bronkiekstasis. Penyakit bronkiekstasis adalah penyakit dimana terjadi kerusakan permanen pada saluran bronkus didalam paru-paru yang kemudian membesar secara abnormal. Hal tersebut membuat saluran udara menjadi rusak dan memudahkan bakteri serta lender menumpuk didalam paru-paru, apabila bakteri dan lender sampai bisa masuk dan menyerang keseluruhan didalam paru-paru maka bisa mengakibatkan infeksi dan penyumbatan pada saluran nafas. Apabila gejala yang dirasakan tetap dibiarkan tanpa adanya pengobatan atau treatment khusus maka penyakit bronkiekstasis dapat berkembang menjadi penyakit hemoptitis atau yang biasa dikenal dengan penyakit batuk berdahak. Maka dari itu bagi orang yang mengidap penyakit bronkiektasis ada baiknya segera dilakukan penanganan terhadap penyakit tersebut. Berikut ini terdapat beberapa opsi pengobatan yang bisa dilakukan oleh dokter untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan dari penyakit bronkiektasis.

            Biasanya pengobatan yang dilakukan pada orang yang mengidap penyakit bronkiekstasis berfokus utama untuk mengurangi gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit ini. Tujuan utama dari pengobatan penyakit ini yaitu untuk menjaga agar infeksi yang sudah terlanjur terjadi di dalam bronkus tidak menyebar ke area paru-paru lain. Perawatan rutin sedini mungkin juga dibtuhkan guna mencegah adanya penyumbatan yang mungkin terjadi pada saluran udara serta untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi pada paru-paru. Opsi pengobatan untuk mengurangi gejala bronkisktasis tersebut antara lain :

  1. Penggunaan Antibiotik untuk mengobati dan mencegah penyebaran infeksi yang semakin luas.
  2. Mengkonsumi obat untuk pengencer lendir.
  3. Mengkonsumi obat ekspektoran untuk meringankan batuk berdahak yang dirasakan.
  4. Melakukan rehabilitasi paru.
  5. Mengikuti fisioterapi dan Latihan pernapasan untuk membersihkan saluran udara.
  6. Melakukan terapi oksigen.
  7. Melakukan vaksinasi untuk mencegah infeksi di saluran nafas.
  8. Menggunakan alat bronkodilator seperti tiotropium dan albuterol untuk membuka saluran udara yang tersumbat.

Berikut merupakan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang dirasakan dari penyakit bronkiektasis, namun apabila terlanjur mengalami pendarahan maka tindakan yang paling disarankan oleh dokter yaitu melakukan tindakan operasi untuk mengangkat daerah-daerah yang sudah terkena infeksi, biasanya prosedur pembedahannya melibatkan pengeringan sekresi daerah bronkus.

      Pada kasus orang-orang yang mengidap penyakit bronkiekstasis ini biasanya ditandai dengan terjadinya pelebaran pada bronkus yang melebar secara tidak normal, hal itu diseabkan oleh banyaknya lender yang menempel pada bronkus. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan bronkus rentan mengalami infeksi yang nantinya akan berkembang menjadi penyakit brokiekstosis yang semakin parah. Beberapa penyebab terjadinya penyakit bronkiekstasis ini diantara lain orang tersebut pernah mengidap penyakit infeksi paru seperti pneumonia atau batuk rejan sebelumnya, selain itu orang tersebut memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuh atau autoimmune yang membuat bronkus lebih rentan terhadap infeksi dari laur, yang terakhir orang tersebut kemungkinan mengidap kelainan ABPA (allergic bronchopulmonary aspergillosis) yaitu adalah alergi terhadap beberapa jamur tertentu yang dapat menyebabkan area bronkus mengalami peradangan jika jamur tersebut sampai terhirup kedalam paru-paru. Maka untuk kamu yang merasa memiliki tanda-tanda penyakit tersebut ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena semakin cepat anda mengetahui permasalahan yang ada pada tubuh anda maka akan semakin cepat penanganan yang bisa dilakukan, karena penyakit ini tergolong penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara ilmu medis penyakit ini hanya dapat dilakukan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *