6 Cara Mengecek Kaki-Kaki Mobil

Tips Merawat Kaki-kaki Mobil, Biar Stabil dan Nyaman Terus

Kaki-kaki mobil merupakan bagian yang paling rentan rusak dari sebuah mobil. Kaki-kaki ini berfungsi untuk menstabilkan pengendalian sehingga akan terus bergerak selama mobil dijalankan. Lalu bagaimana cara untuk mengecek kaki-kaki mobil?

Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang 6 cara mengecek kaki-kaki mobil sebagai berikut :

  • Arah Roda atau Ban Berubah

Cara yang pertama untuk mengetahui kondisi kaki-kaki mobil yang rusak adalah dengan memperhatikan arah pergerakan roda. Jika saat sedang berkendara, anda merasakan roda tidak stabil, bergoyang ke kanan dan ke kiri, dan mobil terasa melayang serta stir yang terasa liar, itu artinya tie rod mobil sudah rusak.

Apalagi bagi mobil dengan sistem kemudian rack end pinion, bagian tie rod end dan long tie rod merupakan komponen yang rentan mudah bermasalah. Jadi, kalau anda merasakan arah roda yang berubah, maka itu artinya tie rod mobil sudah rusak dan harus segera diganti dengan yang baru.

  • Tapak Ban Terkikis

Indikator lainnya yang menunjukkan kalau kaki-kaki mobil bermasalah adalah tapak ban terkikis. Hal ini disebabkan fungsi shockbreker yang lemah atau rusak. Selain berpengaruh pada ban, rusaknya shockbreker juga dapat menyebabkan timbulnya rembesan oli pada batang schokbreker tersebut.

Untuk mengecek kondisi shockbreker mobil, adalah dengan menggenjot ujung kap mesin atau bagasi mobil menggunakan tangan hingga beberapa kali.Jika mobil hanya terangkat sekali setelah tekanan tangan dilepaskan dari kap, itu artinya kondisi shockbrerek masih bagus. Sebaliknya, jika mobil terangkat beberapa kali, itu artinya shockbreker sudah lemah dan harus segera diganti.

  • Timbul Bunyi dan Roda Bergoyang

Jika anda merasakan roda mobil tidak stabil dan bergoyang ketika melewati jalan yang bergelombang atau berlubang, itu artinya ball joint pada mobil bermasalah. Adapun gejala awal yang dirasakan saat ball joint bermasalah adalah timblunya suara kretek-kretek dan roda bergoyang saat melintasi jalanan yang tidak rata. Selain itu, getaran roda juga bisa mempengaruhi ke bagian lingkar setir yang ikut tidak stabil.

  • Per Bermasalah

Per mobil merupakan komponen pada mobil yang jarang sekali mengalami masalah. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya kerusakan pada bagian ini. Jika sampau daun per rusak atau patah, maka otomatis bagian kaki-kaki mobil pun akan ikut bermasalah.

Adapun cara mengetahui terjadinya masalah pada bagian per adalah timbulnya suara berderit akibat efek bunyi seperti menggerus. Gejala ini biasanya akan muncul pada per daun mobil. Sedangkan jika terjadi masalah pada bagian per keong, maka tidak akan ada suara yang ditimbulkan sampai per pun patah secara tiba-tiba.

  • Spooring Berubah

Cara untuk mengecek spooring adalah dengan menempatkan setir pada kondisi lurus, lalu coba jalankan mobil pada kecepatan sedang, sekitar 40-60 km/jam. Jika saat melaju terlihat arah mobil melenceng atau condong ke kanan maupun ke kiri, maka anda sebaiknya melakukan spooring di bengkel. Namun, jika spooring sudah dilakukan dan mobil masih tetap oleng, itu artinya kaki-kaki mobil bermasalah.

  • Rem Terasa Kurang Enak

Cara yang terakhir untuk mengetahui kaki-kaki bermasalah adalah melalui rem. Jika saat melakukan pengereman terasa kurang nyaman, itu artinya terjadi masalah. Nah, untuk mengecek pengereman, anda bisa coba tekan secara teratur pedal rem ketika mobil dalam kondisi berhenti. Apabila terasa agak keras, itu artinya ada sedikit udara dalam salurannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *