Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Kangkung merupakan jenis sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah ditemukan harganya juga cukup terjangkau untuk masyarakat kecil sekalipun. Biasanya kangkung ini dikonsumsi dengan cara ditumis, direbus, lalapan, atau pelengkap sajian menu lainnya seperti gado-gado. Namun tahukah anda bahwa kangkung ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan? Maka dari itu, dalam tulisan kali akan memberikan informasi tentang beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan sebagai berikut : 

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat kangkung untuk kesehatan yang pertama adalah dapat memperlancar sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kangkung kaya akan vitamin dan serat yang tinggi. Jadi, bagi anda yang sedang mengalami masalah pada sistem pencernaan, seperti sembelit. Maka, anda bisa coba mengosumsi kangkung ini.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat kangkung berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Perlu diketahui bahwa kangkung ini banyak mengandung air yang berfungsi untuk membantu ginjal menyaring darah. Yang mana, air yang terkandung dalam kangkung adalah sekitar 82 gram untuk setiap 100 gram. Tentunya hal ini sangat baik dan bisa menyehatkan sehingga kinerja ginjal dapat berfungsi secara maksimal serta menyaring darah di sepanjang pembuluh darah. 

  1. Untuk Mencegah Radikal Bebas

Manfaat lainnya yang bisa anda temukan pada kangkung adalah untuk mencegah radikal bebas. Dimana, radikal bebas yang ada dalam tubuh dan sel-sel bisa dihancurkan dengan cara mengonsumsi kangkung. Anda bisa mengonsumsi kangkung setiap hari sebagai pilihan menu harian karena banyak mengandung vitamin C. Selain itu, kangkung ini juga mengandung antioksidan yang dapat membanti untuk menyerap racun dan mengeluarkannya dari tubuh. 

  1. Mengandung Iodium dan Seng Yang Cukup Tinggi

Dalam setiap 1 ons kangkung terdapat kandungan yodium dan seng sekitar 2,2 mg. Tentunya hal ini sangat berpotensi untuk dijadikan cara alternatif dalam menyembuhkan anemia. Bukan hanya itu, hal ini juga bisa digunakan guna menstabilkan darah hemoglobin sehingga anda tidak merasa lemah dan pusing. Dengan mengonsumsi kangkung juga akan membuat tekanan darah anda normal dan stabil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *