5 Tanda Aplikasi Pinjaman Tunai Aman Digunakan

Saat lagi punya kebutuhan mendesak, hadirnya tawaran pinjaman tunai dari fintech bisa jadi menggiurkan. Terutama kalau bunganya rendah, pilihan tenornya panjang, pendaftaran gampang. Pasti makin banyak orang yang minat pakai aplikasi pinjaman tunai. 

Tapi di sisi lain, hal ini justru sering menjadi celah dan dimanfaatkan banyak oknum atau aplikasi pinjol ilegal untuk mencari nasabah. Karena biasanya, saat kepepet, kita sering nggak teliti dengan banyak hal terkait aplikasi pinjol. Mulai dari terdaftar atau tidaknya di OJK, keamanan aplikasi, suku bunga, dan lain sebagainya. 

Terus gimana cara ngatasinnya?

Nah, sebagai langkah awal, yang harus dilakukan kalau butuh pinjam uang ke pinjol adalah teliti & mau meluangkan waktu mengecek tanda-tanda apakah aplikasi tersebut legal & aman digunakan atau enggak. Secara umum, ada 5 tanda yang perlu kamu cek dari sebuah fintech, yaitu: 

WAJIB terdaftar di OJK, nggak bisa ditawar

Jangan pernah sekali pun tergiur untuk menggunakan aplikasi pinjaman online yang ilegal. Cara paling mudah untuk mengecek legal atau enggaknya sebuah aplikasi fintech adalah dengan mengecek langsung di situs OJK ataupun nomor WhatsApp resmi OJK. Jika sudah terdaftar, baru deh bisa dipakai. Kalau belum, masih banyak ikan di laut, alias wajib cari alternatif lain. Jangan khawatir, pinjol legal yang sudah terdaftar itu banyak kok. Per 25 Oktober 2021, total ada 104 penyelenggara fintech legal yang terdaftar di OJK dan bisa kamu cari tahu lebih lanjut.

Cara menggunakan platform dan proses pengajuan pinjaman

Aplikasi pinjaman tunai yang ilegal cenderung menggunakan ara yang aneh dalam pengajuan pinjaman. Contohnya: dengan menggunakan link khusus untuk mengunduh aplikasinya, nggak tersedia Google Play Store atau App Store. 

Kalau menemui kondisi tersebut, wajib hati-hati, ya. Sebab ini bisa jadi salah satu tanda kuat bahwa aplikasi atau layanan pinjaman tersebut tidak aman digunakan. Bahkan, jika mengunduh aplikasi dari link tersebut, bisa berpotensi membahayakan data-datamu di smartphone.

Layanan pinjaman tunai yang legal biasanya memiliki situs dengan akses https atau aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Salah satu contohnya ada KrediFazz yang punya rating tinggi dan banyak ulasan bagus di laman Google Play Storenya. 

Transparansi suku bunga dan opsi tenor sejak awal

Banyak sekali, aplikasi pinjaman tunai yang nggak mencantumkan suku bunga, biaya admin, dan opsi tenor dalam layanannya. Ini membuat kita sebagai nasabah bingung dan berpotensi diperlakukan semena-mena terutama dalam perubahan bunga, tenor, hingga besaran pengembalian pinjaman. 

Maka dari itu, selain memastikan sudah terdaftar di OJK, kamu juga perlu memastikan bahwa aplikasi pinjaman online sudah menginformasikan suku bunga, tenor, dan biaya lain-lain secara transparan di awal. Dengan begitu, akan ada kalkulasi pengembalian pinjaman yang jelas. 

Seperti di Kredifazz, semua informasi pinjaman atau cicilan akan kamu dapatkan di awal sebelum menyetujui pinjaman. Mulai dari limit pinjaman minimal 100 ribu sampai 3 juta, suku bunganya 9% per bulan atau 0,3% per hari, biaya admin 6% dipotong di awal, dan pilihan tenornya maksimal 3 bulan. Sebelum menyetujui pinjaman, kamu juga akan diberikan simulasi pinjaman dan angsuran per bulan secara transparan. 

Izin yang diminta aplikasi tidak melanggar ketentuan

Saat download sebuah aplikasi, termasuk aplikasi pinjaman online, akan ada izin yang diminta aplikasi ke smartphone-mu. Izin yang diminta cenderung akan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi, seperti Instagram, yang akan meminta izin mengakses foto atau galerimu. Ini juga berlaku untuk pinjaman online.

Tapi, penting untuk diketahui bahwa aplikasi pinjaman online yang legal dilarang untuk meminta akses ke fitur yang privasi seperti halnya data kontakmu. Makanya, kamu perlu mengecek sebelum mengunduh aplikasi pinjaman online di bagian “izin” atau “permissions” apakah ada fitur kontak atau galeri yang diminta? Kalau ada, sebaiknya pertimbangkan ulang untuk mengunduh aplikasi karena hal tersebut ilegal dan dilarang.

Review dari pengguna lainnya

Jangan mengabaikan pengalaman atau ulasan pengguna lain yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi tersebut. Review dari pengguna lain bisa dengan mudah kamu temui di kolom ulasan pengguna di Google Play Store atau App Store. Mulai dari bagaimana ulasannya, berapa ratingnya, dan apa saja masalah yang dialami pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut. 

Semakin banyak komentar positif dan makin tinggi rating, tentu semakin baik. Sebaliknya, makin banyak ulasan negatif, atau rendah ratingnya, sebaiknya kamu siap-siap untuk beralih dan mencari aplikasi pinjaman online yang lain.

Yang terpenting, selalu berhati-hati dan waspada walaupun kamu butuh pinjaman tunai di saat sangat mendesak, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *