Cara Mudah Aktifkan Kembali Tokopedia Paylater

Promo Tokopedia Juni 2022, Beli Perlengkapan Rumah Pakai Kredivo Diskon Rp  750.000

Salah satu alasan mengapa layanan paylater banyak diminati adalah karena daftarnya mudah dan proses approvalnya cepat. Ini juga berlaku bagi paylater yang ada di e-commerce seperti Tokopedia. Cara mengaktifkan Tokopedia paylater hanya memakan waktu 1×24 jam, jika kamu memilih aplikasi paylater yang tepat.

Dalam menghadirkan layanan paylater bagi konsumennya, Tokopedia menggandeng beberapa fintech sebagai mitra. Salah satunya Kredivo, yang terkenal sebagai aplikasi paylater dengan limit s.d 30 juta plus punya layanan cicilan 0%

Proses pengaktifan atau registrasi Kredivo untuk bisa digunakan di Tokopedia juga gampang banget. Kamu hanya perlu mendownload aplikasinya di Google Play Store atau App Store, lalu ikuti instruksi pendaftarannya. Dalam 1×24 jam, kamu akan mendapatkan notifikasi terkait status pengajuan atau pendaftaran akunmu. 

Akan tetapi, nggak jarang karena habit pemakaian paylater yang kurang cermat, akun paylater jadi berpotensi diblokir. Alhasil, limit kreditnya nggak lagi bisa digunakan dan akun akan menjadi nonaktif. 

Kalau sudah begitu, gimana ya cara mengaktifkannya kembali?

Jika kamu mengalaminya, jangan panik dan jangan terima tawaran pihak ketiga manapun untuk buka lagi akun paylater ya. Sebab, kamu bisa coba 3 cara berikut ini: 

Hubungi Tim Customer Service Paylater

Setiap fintech paylater yang legal, tentu akan punya layanan Customer Service yang bisa dihubungi kapan pun kamu ada kendala. 

Jika akun paylater kamu diblokir, tujuan utama yang harus kamu cari adalah kontak Customer Service dari paylater yang kamu gunakan. 

Kalau pakai Kredivo, maka kamu dapat menghubungi nomor 0807-1-573-348 atau email ke support@kredivo.com

Laporkan kepada tim CS mengenai status akunmu yang terblokir dan tidak lagi bisa digunakan untuk bertransaksi. Biasanya, tim CS akan meminta detail transaksi yang dilakukan dan berbagai prosedur lainnya untuk mengidentifikasi isu dan memberikan solusinya.  

Kamu juga bisa mengecek dari status transaksi: apakah benar akun terblokir atau hanya transaksi ditolak?

Sebab, jika transaksi ditolak, penyebabnya bisa terjadi karena beberapa faktor dari sisi merchant atau Tokopedia. Misal, ternyata seller yang kamu pilih tidak membuka layanan pembayaran dengan paylater. Atau, limit kreditmu ternyata tidak cukup untuk melakukan transaksi. 

Lunasi tagihan yang tersisa & lakukan instruksi yang diberikan

Langkah kedua untuk melakukan aktivasi kembali akun yang diblokir adalah dengan mengikuti instruksi yang diberikan Tim CS paylater. Tidak ada cara lain, apalagi sampai meminta bantuan pihak ketiga yang bisa dipastikan itu adalah modus penipuan. 

Jika masih ada transaksi atau tagihan yang tersisa, kamu bisa mulai melunasinya sebagai upaya aktivasi akun kembali. Tetapi, jika transaksi yang dilakukan adalah cicilan dengan tenor, kamu bisa menegosiasikan atau meminta solusi kepada Tim CS paylater supaya tidak harus melunasinya sekaligus. Terlebih jika cicilannya lumayan panjang atau tenor s.d 12 bulan. 

Lakukan konfirmasi ke pihak paylater

Apabila sudah melakukan berbagai instruksi yang diberikan paylater, kamu bisa menghubungi kembali Tim CS paylater untuk melakukan konfirmasi. Selanjutnya, tunggu beberapa waktu sampai akunmu bisa kembali pulih dan bisa digunakan kembali. 

Pada sebagian kasus, akun paylater mungkin bisa diblokir permanen, sehingga kamu tidak bisa lagi menggunakannya atau daftar ulang. JIka menemui situasi ini, solusinya kamu dapat mencari alternatif paylater lainnya yang sesuai. 

Kalau kamu baru pakai paylater dan status akun normal atau baik-baik saja, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan supaya status akun tetap aman dan tidak terblokir: 

  1. Pastikan akunmu digunakan olehmu sendiri dan tidak diberikan kepada siapa pun akses loginnya. 
  2. Usahakan untuk hanya login akun di satu perangkat. 
  3. Sebelum transaksi, pastikan limit kreditmu cukup. 
  4. Jangan lakukan transaksi untuk orang lain seperti meminjamkan uang untuk teman, dll, sebab risiko gagal bayarnya bisa tinggi. 

Sama seperti akses kredit lainnya, penggunaan paylater harus dilakukan dengan hati-hati supaya aman. Transaksi yang berisiko atau akses perangkat yang lebih dari satu, bisa membuat akun terblokir karena dianggap sebagai isu keamanan. Jadi, sebaiknya jangan lakukan 4 hal di atas saat menggunakan paylater, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *